Ini Manfaat Mengonsumsi Vitamin C Secara Teratur bagi Tubuh

Kamis, 19 September 2019 - 17:30 WIB
Ini Manfaat Mengonsumsi Vitamin C Secara Teratur bagi Tubuh
Ini Manfaat Mengonsumsi Vitamin C Secara Teratur bagi Tubuh
A A A
JAKARTA - Vitamin C merupakan salah satu nutrisi paling aman dan paling efektif. Menurut para ahli, Vitamin C dipercaya dapat menjadi obat flu biasa hingga mencegah komplikasi yang lebih serius. Manfaat lain dari konsumsi Vitamin C juga dapat mencakup perlindungan terhadap defisiensi sistem kekebalan, penyakit kardiovaskular, masalah kesehatan prenatal, penyakit mata, dan bahkan baik untuk kulit.

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Seminar di Pengobatan Preventi dan Alternatif yang mengamati lebih dari 100 studi selama 10 tahun mengungkapkan daftar manfaat vitamin C yang terus meningkat.

"Vitamin C itu antioksidan yang bisa mengurangi penyakit kanker dan kardiovaskular. Anak di atas satu tahun membutuhkan asupan vitamin C 40—45 mg. Remaja berusia di atas 12 tahun perlu memenuhi kebutuhan vitamin C 65—90 mg per hari. Untuk dewasa di atas 18 tahun, kebutuhan vitamin C harian 75—90 mg," kata Dr. Haekal Anshari selaku pemerhati gizi saat peluncuran Yolite Cimory di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Vitamin C, yang juga dikenal sebagai asam askorbat, diperlukan untuk pertumbuhan, pengembangan dan perbaikan semua jaringan tubuh. Ini bermanfaat untuk banyak fungsi tubuh, termasuk pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, sistem kekebalan tubuh, penyembuhan luka, pemeliharaan tulang rawan, tulang, dan gigi.

Selain itu, vitamin C merupakan salah satu dari banyak antioksidan yang dapat melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas, serta bahan kimia beracun dan polutan seperti asap rokok. Radikal bebas dapat menumpuk dan berkontribusi pada perkembangan kondisi kesehatan seperti kanker, penyakit jantung dan radang sendi.

"Manfaat penambahan vitamin C, meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses pemulihan saat sakit, antioksidan untuk menangkal radikal bebas untuk menghambat risiko penuaan dini dan kanker, menjaga kesehatan tulang dan gigi," papar Dr. Haekal.

Vitamin C tidak disimpan dalam tubuh (kelebihan jumlah diekskresikan) sehingga overdosis bukan masalah. Tetapi tetap penting untuk tidak melampaui batas aman konsumsi vitamin C harian untuk menghindari sakit perut dan diare. Vitamin C mudah diserap baik dalam makanan maupun dalam bentuk pil, dan dapat meningkatkan penyerapan zat besi ketika keduanya dimakan bersama.

"Vitamin C mudah didapat dari buah-buahan berwarna seperti golongan sitrus seperti jeruk, lemon, strawberry dan kiwi," lanjutnya.

Kekurangan vitamin C relatif jarang, dan terutama terlihat pada orang dewasa yang kekurangan gizi. Dalam kasus-kasus ekstrem, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyakit seperti kudis—ditandai dengan kelemahan, anemia, memar, pendarahan, dan gigi lepas.

"Kurang vitamin C mudah sakit, tubuh mudah lelah, luka lama sembuh, kulit kering dan mudah keriput, mudah memar, rambut kasar dan mudah rontok, gusi mudah berdarah, berpotensi penyakit jantung," ujar dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5793 seconds (0.1#10.140)